SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Metode Pembiasaan Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMA Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Nok Sarah. 2018. Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Hj.Chusna Maulida, M.Pd.I.
Kata kunci :Metode Pembiasaan , Pembinaan Akhlak Siswa
Latar belakang penelitian ini berawal dari hasil observasi dan wawancara di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan bahwasanya meskipun sekolah berstatus negeri yang terbatas waktu pembelajaran Pendididikan Agama Islam (PAI) tetapi siswa-siswinya bisa dikatakan memiliki akhlak yang baik. Dari hasil observasi di lapangan, ternyata di sekolah ini menerapkan suatu metode pembiasaan rutin guna pembinaan akhlak siswa. Oleh karena itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian terkait pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? Tujuan penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Metode Pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian ini ada 2, yaitu secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan informasi tentang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Secara praktis, penelitian ini salah satunya dapat dijadikan bahan masukan bagi SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan agar dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan pelaksnaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa di SMAN 1 Kedungwuni sudah baik dan terprogram. Metode pembiasaan yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan rutin harian yang meliputi metode pembiasaan dalam senyum salam sapa salim sopan dan santun (6S), pembiasaan dalam pengibaran dan penghormatan kepada bendera merah putih, pembiasaan tadarus al-Qur’an, pembiasaan literasi sekolah, pembiasaan salat dhuha berjam’ah, dan pembiasaan salat dhuhur berjama’ah. 2) faktor pendudukung dalam pelaksanaan metode pembiasaan dalam pembinaan akhlak siswa meliputi, adanya kesadaran dalam diri siswa, teladan dalam diri
xi
guru, metode pembelajaran, kerja sama dan dukungan warga sekolah, sarana dan prasaran serta kegiatan pendukung. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, terbatasnya waktu, penyalahgunaan handphone, lingkungan siswa, latar belakang study yang berbeda-beda dan terbatasnya pengawasan pihak sekolah.
19SK1921248.00 | SK PAI 19.248 SAR p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain