SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI DI SMP Negeri 7 Pemalang
Fitrisih, Intan. 2018. Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Akhmad Afroni, M. Pd.
Kata Kunci: Penggunaan Internet, Motivasi Belajar Siswa.
Kemajuan teknologi seperti internet disadari atau tidak memberikan kontribusiyang banyak dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru dan siswa. Bagi guru, internet memberikan kemudahan untuk mempersiapkan sumber belajar bagi siswa sesuai dengan materi yang di ajarkan. Bagi siswa, internet memberikan kemudahan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah serta dapatmenumbuhkanmotivasidalambelajarpadasiswakhususnyadalampembelajaran PAI.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan internet siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang, (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui penggunaan internet siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang, (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 7 Pemalang. Kegunaan penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu secara teoritis dan praktis. Kegunaan secara teoritis yaitu diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 7 Pemalang dan menjadi kontribusi bagi pengembangan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam. Sedangkan, kegunaan secara praktis yaitu dapat dijadikan sebagai rujukan yang konkrit dalam dunia pendidikan dan dapat menambah khazanah keilmuan sehingga dapat digunakan sebagai referensi serta bahan pertimbangan untuk penelitian-penelitian berikutnya.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun variabel independennya adalah Penggunaan Internet. Sedangkan, variabel dependennya adalah Motivasi Belajar Siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 90 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisa Regresi Sederhana.
19SK1921247.00 | SK PAI 19.247 FIT p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain