SKRIPSI PAI
Paradigma Perennialisme Dalam Praktik Pendidikan Islam
Ali, Fatchurahman. 2018. Paradigma Perennialisme dalam Praktik Pendidikan Islam, Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Aris Nurkhamidi, M.Ag.
Kata Kunci : Perennialisme, Pendidikan Islam
Banyak orang berpandangan bahwa pendidikan telah gagal dalam mencapai tujuan utama dari pendidikan itu sendiri. Dampak yang jelas terlihat dari lemahnya kualitas pendidikan diantaranya adalah permusuhan yang terjadi antar agama, antar ormas Islam, sikap intoleran, maraknya penyebaran berita hoax, budaya korupsi dikalangan pejabat dan lain sebagainya. Perennialisme memandang kehidupan manusia modern yang bercorak sekuler-hedonistik mengantarkan manusia pada krisis identitas dan kehampaan spiritual. Keberagamaan manusia modern yang terjebak pada formalisme-literalistik telah mengantarkan pada pemahaman keagamaan yang sempit. Paradigma Modernisme memandang intelektualitas yang dilihat hanya dua, yaitu akal dan panca indera. Alat manusia yang lain seperti intuisi, naluri, insting, di dunia modern tidak diperhitungkan. Pendidikan perennialisme adalah pendidikan untuk menyadarkan setiap orang tentang fitrah/ potensi dirinya dan membina cara berpikir yang tidak hanya linier (positivistik), tetapi lebih bersifat holistik.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana paradigma aliran filsafat pendidikan perennialisme? 2) Bagaimana konsep pendidikan dalam Islam? 3) Bagaimana paradigma perennialisme dalam praktik pendidikan Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui paradigma aliran filsafat pendidikan perennialisme. 2) Bagaimana konsep pendidikan Islam? 3)Untuk mengetahui paradigma perennialisme dalam praktik pendidikan Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (Library Research) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap literatur atau buku-buku dengan cara membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca, memahami, menelaah dan memperbandingkan data-data dan dikelompokkan sesuai sifatnya. Teknik analisis data menggunakan analisis konten yaitu teknik yang digunakan untuk menganalisis dan memahami teks untuk kemudian dilakukan interpretasi dan selanjutnya menarik kesimpulan.
19SK1921238.00 | SK PAI 19.238 ALI p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain