SKRIPSI PAI
Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi'iyah (MASS) Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Wulandari, 2021113102. 2018;Kompetensi Pedagogik Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: H. Abdul Khobir, M.Ag.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Guru Rumpun PAI.
Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Guru yang tugasnya adalah mengajar harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik, guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif, menyenangkan dan mendidik. Salah satunya di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, khususnya guru rumpun PAI juga harus dapat menguasai bahan ajar dan harus kreatif agar proses pembelajaran berlangsung menyenangkan. Oleh karena itu guru rumpun PAI penting untuk mempunyai kompetensi pedagogik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini meliputi: Bagaimana kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalonganserta faktor yang mendukung dan menghambat kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini terdapat dua kegunaan, yaitu kegunaan teoritis: dapat menambah wawasan ilmu-ilmu pendidikan khususnya di bidang peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam membimbing siswa belajar. Kegunaan praktis: dapat digunakan sebagai bahan evaluasi terhadap pola pembinaan yang selama ini telah dilakukan dan sebagai acuan untuk perkembangan dimasa yang akan datang dan dapat memberikan informasi kepada guru dalam meningkatkan serta memperhatikan pola kompetensi pedagogik guru rumpun PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang – orang dan pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milless and Huberman,
viii
melalui 3 langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
19SK1921215.00 | SK PAI 19.215 WUL k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain