SKRIPSI PAI
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
Setyaningsih, Ika. 2018. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Mutho’in, M.Ag.
Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Siswa
Kenakalan siswa merupakan salah satu permasalahan yang senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat. Baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Masalah tersebut terus hidup, berkembang dan membawa akibat tersendiri bagi siswa yang melakukan kenakalan dan orang lain yang berada di sekitarnya. Kenakalan siswa memiliki beberapa jenis atau kategori. Dari kenakalan yang termasuk dalam jenis ringan, jenis sedang dan bahkan kenakalan yang termasuk dalam jenis berat. Begitu pula yang terdapat pada salah satu sekolah menengah akhir pada Kabupaten Pekalongan yaitu SMA PGRI 2 Kajen. Siswa pada sekolah tersebut tidak jarang pula yang melakukan kenakalan. Baik kenakalan tingkat ringan, kenakalan tingkat sedang dan bahkan kenakalan tingkat berat. Dan kenakalan yang dilakukan oleh siswa dapat diatasi melalui beberapa strategi dan cara. Salah seorang guru yang diharapkan dapat mengatasi kenakalan siswa adalah guru Pendidikan Agama Islam. Mengingat guru Pendidikan Agama Islam juga sebagai peletak dasar nilai-nilai akhlakul karimah. Dengan peran peletak akhlakul karimah inilah guru Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat mengatasi kenakalan siswa SMA PGRI 2 Kajen.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah yaitu (1) Bagaimana bentuk kenakalan siswa SMA PGRI 2 Kajen ? (2) Bagaimana strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa SMA PGRI 2 Kajen ?. Adapun tujuannya adalah (1) Mengidentifikasi bentuk-bentuk kenakalan siswa SMA PGRI 2 Kajen, (2) Mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa SMA PGRI 2 Kajen. Kegunaan secara teoritis penelitian ini (1) Untuk menambah khasanah kepustakaan sebagai literatur akademis, (2) Untuk menambah wawasan keilmuan. Adapun kegunaan secara praktisnya (1) Sebagai bahan masukan bagi peneliti dan guru, (2) Sebagai bahan acuan bagi peneliti dan para guru serta orang tua, (3) Sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan pengalaman yang luas bagi peneliti dan pembaca.
19SK1921212.00 | SK PAI 19.212 SET s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain