SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Membina Moral Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Pekalongan
Rejeki, Sri. 2018. Peran Guru PAI dalam Membina Moral Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 5 pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ S1 PAI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: H. M. Yasin Abidin, M. Pd.
Kata kunci: Peran Guru, Moral peserta didik.
Guru pada dasarnya adalah sebagai pendidik. Namun guru tidak hanya berperan sebagai pendidik saja, akan tetapi guru juga berperan sebagai pembimbing, sebagai penasihat, sebagai orangtua kedua untuk peserta didik, sebagai motivator, dan juga sebagai tauladan bagi peserta didik. Dalam pembinaan moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri pekalongan, guru berusaha memberikan pembelajaran dan nilai-nilai kebaikan menurut ajaran pendidikan Islam kepada peserta didik yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan memberi tahu bagaimana cara menanamkannya dengan cara memberikan contoh sikap yang membina moral peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 2) bagaimana peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 3) faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kondisi moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 2) mendeskripsikan peran guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. 3) mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina moral peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 5 Pekalongan. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles and Huberman, melalui 3 langkah utama yaitu: Reduksi Data (Data Reduktion), penyajian data (Data Display), dan verifikasi (Conclusion Drawing)
19SK1921166.00 | SK PAI 19.166 REJ p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain