SKRIPSI PAI
Pengaruh Menghafal Al-Qur'an Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Islam Moga Pemalang
Ariva, Eva, 2018. Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Nalim, M.Si
Menghafal Al-Qur’an diistilahkan juga dengan Tahfidz Al-Qur’an yang artinya adalah proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian AlQur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya. manfaat dari menghafal Al-Qur’an diantaranya adalah menghafal Al-Qur’an merupakan bahtera ilmu dan anugerah dari Allah berupa ingatan yang tajam dan pemikiran yang cemerlang. Disebut bahtera ilmu karena mendorong seorang yang hafal Al-Qur’an untuk berprestasi lebih tinggi. SMP Islam Moga merupakan sekolah yang memiliki kurikulum lokal pendidikan Al-Qur’an, setiap siswa dituntut untuk menghafal Juz Amma selama menempuh pendidikan disekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Moga Pemalang.
19SK1921161.00 | SK PAI 19.161 ARI p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain