SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Pemberian Tugas Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni
Latifah. 2018. Penerapan Meode Pemberian Tugas Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni. Skripsi Fakultas/Program Studi : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Akhmad Afroni, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas dan Pendidikan Agama Islam
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran PAI diperlukannya suatu metode pembelajaran agar pembelajaran dapat dengan mudah disampaikan dan peserta didik juga mudah dalam menerima pembelajaran terkait dengan materi yang disampaikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan suatu metode pemberian tugas yang berguna mendorong keberhasilan proses belajar mengajar sehingga hasil belajarpun menjadi baik.
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana penerapan metode pemberian tugas dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di Kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni? Kedua, Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan metode resitasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni? Tujuan penulisan skripsi ini adalah : Pertama, Untuk mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas atau resitasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni Tahun pelajaran 2017/2018 Kedua, Untuk mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat penerapan metode pemberian tugas atau resitasi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni Tahun pelajaran 2017/2018. Kegunaan penelitian ini ada 2, yaitu secara teoritis dan praktis. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan, gambaran dan informasi tentang penerapan metode pemberian tugas dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP N 02 Kedungwuni. Secara Praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi guru-guru dalam memilih metode pembelajaran yang lebih efektif digunakan di kelas dengan melihat kondisi peserta didik.
Jenis Penelitian ini adalah penelitaian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di SMP N 02 Kedungwuni. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskripif.
19SK1921209.00 | SK PAI 19.209 LAT p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain