SKRIPSI PAI
Implementasi Poin Pelanggaran Dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Siswa MTs Isthifaiyah Nahdliyah Banyuurip Ageng Pekalongan
Fitrianingsih. 2021113092. 2018. Implementasi Poin Pelanggaran dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Siswa MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan Skripsi Fakultas/Program Studi : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Ely Mufidah, M.S.I.
Kata kunci : poin pelanggaran dan pembinaan karakter kedisiplinan
Kedisiplinan sangatlah penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kedisiplinan yang di sekolah bertujuan agar siswa mampu menyesuaikan diri dengan segala peraturan tata tertib sekolah yang ada. Bagi siswa yang tidak menaati peraturan yang ada maka siswa makan mendapat hukuman. Hukuman yang diberikan berupa poin pelanggaran, hukuman ini diberikan agar siswa mampu mendisiplinkan diri.
Dari uraian tersebut di atas, maka dirumuskan permasalahan yaitu : (1) Bagaimana Implementasi Poin Pelanggaran dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Siswa MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan? (2) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Poin Pelanggaran dalam Pembinaan Karakter Kedisiplinan Siswa MTs Ishthifaiyah Nahdliyah Banyurip Ageng Pekalongan?. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah : (1) Dapat memberikan informasi dan data dalam pembinaan karakter kedisiplinan siswa dalam mematuhi tata tertib sekolah (2) Dapat dijadikan sebagai pedoman dasar dan landasan awal untuk penelitian-penelitian selanjutnya sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan poin pelanggaran dan kedisiplinan siswa. Sedangkan kegunaan praktis dari penelitian ini adalah : (1) Dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan informasi dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan implementasi poin pelanggaran dalam pembinaan kedisiplinan siswa (2) Dapat dijadikan sebagai bahan untuk memberikan pengetahuan wawasan bagi pendidik dalam mengatasi permasalahan yang timbul yang berkenaan dengan sikap kedisiplinan siswa di sekolah melalui implementasi poin pelanggaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer: kepala sekolah dan guru BK MTs IN Banyurip Ageng. Sumber data sekunder : arsip-arsip sekolah, buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
19SK1921205.00 | SK PAI 19.205 FIT i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain