SKRIPSI PAI
Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pengajian Rutin Semaan Al Qur'an Di Majelis Al Hidayah Desa Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang
Mashita, Ita, 2017. Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Melalui Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an di Majelis Al-Hidayah Desa Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (IAIN) Pekalongan, Pembimbing : Drs. H. Abdul Muin, M.A
Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an
Pendidikan dalam islam adalah long life education atau dalam bahasa hadis Nabi sejak dari pangkuan ibu sampai ke liang lahat Pandangan islam tentang pendidikan, salah satu diantara ajarannya adalah mewajibkan kepada umat islam untuk melaksanakan dan menegakkan pendidikan. Dalam pendidikan terkandung nilai-nilai sakral yang mengantarkan manusia menjadi sosok yang berguna. Karena menurut ajaran islam, pendidikan merupakan kebutuhan hidup mutlak harus dipenuhi, demi untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Dengan pendidikan itu pula manusia akan mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan untuk bekal hidupnya. Pendidikan islam dapat kita dapatkan di berbagai lembaga-lembaga formal maupun non formal, banyak pendidikan non formal yang mampu menghadirkan berbagai nilai-nilai pendidikan islam. Salah satunya di Majlis Al-hidayah yang memberikan suatu penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an.
Rumusan masalah meliputi: (1) Bagaimana upaya penanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an di majlis al-hidayah desa pesucen kecamatan petarukan kabupaten pemalang dan (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan islam di majlis al-hidayah desa pesucen kecamatan petarukan kabupaten pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (1) mendiskripsikan dan mengidentifikasikan nilai-nilai pendidikan Islam yang tertanam dalam Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an di Majlis Al-Hidayah desa Pesucen kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang Dan Untuk (2) mendiskripsikan faktor yang mempengaruhi penanaman nilai-nilai pendidikan islam di majlis al-hidayah desa pesucen kecamatan petarukan kabupaten pemalang. Sedangkan kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat dijadikan sebagai sumbangan bagi khasanah ilmu pengetahuan dalam nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam Pengajian Rutin Semaan Al-Qur’an di desa Pesucen. Dan diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi bagi kegiatan pembinaan Jamaah Semaan Al-Qur’an di Majelis Al-Hidayah Desa Pesucen kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang, sehingga dapat dilakukan upaya perbaikan kegiatan pembinaan tersebut.
19SK1921203.00 | SK PAI 19.203 MAS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain