SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Islami Bagi Siswa Tunarungu Di SMPLB Negeri Wiradesa
Afifah, Alif Kunni. 2018. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Islami Bagi Siswa Tunarungu di SMPLB Negeri Wiradesa. Skripsi Jurusan/ Program Studi : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Dr. H Ahmad Ubaedi Fathuddin, M,A.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran PAI, Karakter Islami, Siswa Tunarungu.
Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu cara-cara atau acuan bertindak yang dilakukan guru PAI secara sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran PAI. Sekolah luar biasa merupakan salah satu bentuk lembaga dan pelayanan pendidikan khusus bagi anak berkelainan, seperti cacat netra, cacat rungu, cacat grahita, cacat daksa, autis dan lainnya. Salah satu lembaga pendidikan luar biasa di Kabupaten Pekalongan adalah SLB N Wiradesa. SLB N Wiradesa perkembangnnya sangat bagus dibandingkan dengan SLB lainnya. Prestasi dan karakter Islami adalah kajian pembelajaran yang lebih difokuskan oleh SLB N Wiradesa kepada seluruh siswa. Sehingga nantinya para siswa tumbuh menjadi individu yang memiliki pengetahuan serta berkarakter yang baik sesuai ajaran agama Islam. Kunci keberhasilan proses pembelajaran tersebut ditentukan oleh beberapa komponen, diantaranya pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa, model pembelajaran yang digunakan, pendekatan pembelajaran yang dilakukan, serta metode pembelajaran yang diterapkan guru kepada para siswa tunarungu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana penerapan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter Islami bagi siswa tunarungu di SMPLB Negeri Wiradesa?, Apa saja faktor penghambat dan solusi serta faktor pendukung dalam penerapan stratregi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPLB Negeri Wiradesa?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif.
19SK1921201.00 | SK PAI 19.201 AFI s | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain