SKRIPSI PAI
Korelasi Hafalan Al Qur'an Dengan Perilaku Keagamaan Siswa Di MTs Nurul Islam Pekalongan
Intan Rizka Agustia. 2018. Korelasi Hafalan Alquran dengan Perilaku Keagamaan Siswa MTs Nurul Islam Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing Agus Khumaedy, M. Ag
Kata Kunci : Hafalan Al-Qur’an dan Perilaku Keagamaan siswa
Salah satu perkembangan yang ada dimasyarakat adalah seni dalam menghafal Alquran. Tradisi ini merupakan salah satu fenomena umat Islam untuk menghadirkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari oleh sebagian umat Islam di Indonesia. Kegiatan menghafal Alquran yang dilakukan siswa dapat meneladani karakter-karakter akhlak Allah Swt. Disamping itu, peneliti juga menemukan masalah yang sejalan dengan beberapa peristiwa yang mewarnai realitas dalam dunia pendidikan yang kini nampak mulai memprihatinkan. Dimana kondisi moral remaja dan generasi muda yang belum mampu menumbuhkan karakter, kemandirian, dan religius pada usia remaja. Masa remaja juga merupakan masa perkembangan moral dan masa terjadinya kebangkitan spiritual yang ditandai dengan meningkatnya minat remaja pada Agama. Berdasarkan permasalahan tersebut kiranya perlu dikaji secara mendalam tentang kegiatan menghafal Alquran yang dilaksanakan di MTs Nurul Islam Pekalongan yang berusaha menciptakan generasi Qurani dengan cara mempelajari, menghafal dan mengamalkan isi kandungan Alquran dengan tujuanmelakukan pembinaan siswa yang sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber pada Alquran dan hadis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimana hafalan Alquran di MTs Nurul Islam Pekalongan? Bagaimana perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan? Adakah korelasi hafalan Alquran dengan perilaku keagamaan siswa di MTs Nurul Islam Pekalongan?
19SK1921098.00 | SK PAI 19.098 AGU k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain