SKRIPSI PAI
Inkorporasi Pendidikan Agama Dan Umum Perspektif Zakiah daradjat
Fitriyah, Nur. 2018. Inkorporasi Pendidikan Agama dan Umum Perspektif Zakiah
Daradjat. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing H. Abdul Khobir,
M.Ag.
Kata Kunci: Inkorporasi, Pendidikan Agama dan Umum, Zakiah Daradjat
Pendidikan model Barat terbukti berhasil melahirkan berbagai teknologi yang
canggih. Maka, umat Islam tidak hanya dituntut mampu menguasai, tetapi juga
harus mampu mengembangkan dan menciptakan IPTEK baru yang sesuai dengan
perkembangan zaman. Tanpa kemampuan tersebut, umat Islam akan tetap
tertinggal dari kemajuan umat lain dalam hal IPTEK modern. Namun di sisi lain,
pendidikan model Barat melupakan pengembangan aspek moral-spiritual manusia.
Alhasil, manusia modern dengan dunia teknologi berhasil diciptakan, akan tetapi
jiwa-jiwa mereka mengalami krisis moral-spiritual. Dengan demikian, para
pendidik tidak cukup sekadar menuangkan pengetahuan ke otak peserta didik,
hanya memikirkan peningkatan ilmiah dan kecakapan peserta didik, atau hanya
meningkatkan ritus-ritus formal keagamaan semata. Menurut Zakiah Daradjat,
apabila pembinaan kepribadian dan moral agama tidak disertakan dalam
pendidikan, maka akan lahir manusia-manusia yang tinggi pengetahuannya.
Namun, ilmu pengetahuan yang tinggi tanpa disertai oleh keyakinan beragama,
akan gagal dalam memberikan kebahagiaan. Dengan demikian, diperlukan upaya
untuk menginkorporasikan ilmu agama dengan ilmu umum, menginkorporasikan
pendidikan agama dengan pendidikan umum, sebab esensinya itu sama, yang
tujuannya adalah mengabdi pada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai jalan mencapai
kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana inkorporasi
pendidikan agama dan umum perspektif Zakiah Daradjat, dan kedua, bagaimana
kontribusi inkorporasi pendidikan agama dan umum perspektif Zakiah Daradjat
dalam konteks pendidikan dewasa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan tentang inkorporasi pendidikan agama dan umum perspektif
Zakiah Daradjat dan kontribusinya dalam konteks pendidikan dewasa ini.
Kegunaan penelitian ini secara teoritis, yaitu penelitian ini diharapkan mampu
memberikan kontribusi yang positif bagi dunia pendidikan. Sedangkan kegunaan
penelitian secara praktis, yaitu penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai
bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi pembaca mengenai
inkorporasi pendidikan agama dan umum serta untuk mengembangkan khazanah
keilmuan penulis.
19SK1921094.00 | SK PAI 19.094 FIT i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain