SKRIPSI PAI
Pola Asuh Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Emosional Anak Tunagrahita Kelas V-C1 Di SLB PRI Buaran Pekalongan
Dewanti, Tantri Ega, 2018, Pola Asuh Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Emosional Anak Tunagrahita Kelas V-C1, Fakultas / Jurusan: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan / S1 PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Siti Mumun Muniroh, S.Psi, M.A Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosional dan Anak Tunagrahita.
Menjadi orang tua harus mengetahui bagaimana pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya dalam membina kecerdasan emosional, karena dalam keseharian manusia emosi sangat berperan penting dalam kehidupan dan emosi sangat menentukan keberhasilan yang kualitas tinggi. Generasi sekarang banyak anak yang cerdas dalam arti terpelajar, tetapi tidak dapat mengatur emosi, artinya meningkatnya IQ dan menurunnya EQ, jika anak normal yang IQ tinggi tidak dapat mengatur emosinya bagaimana dengan anak yang berkebutuhan khusus yaitu anak tunagrahita yang IQ rendah. Dalam penelitian ini orang tua sebenarnya mengetahui bahwa anak tunagrahita memiliki kecerdasan yang di bawah normal tetapi di sisi lain orang tua masih banyak yang belum dapat mengatur kondisi emosi anak. Dalam penelitian ini, penulis memaparkan permasalahan tentang bagaimana kecerdasan emosional anak tunagrahita kelas V-C1? dan bagaimana pola asuh orang tua dalam membina kecerdasan emosional anak tunagrahita kelas V-C1?. Penelitian ini penulis lakukan, bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional anak tunagrahita kelas V-C1 dan mengkaji pola asuh orang tua dalam membina kecerdasan emosional anak tunagrahita kelas V-C1. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisa data yang telah diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan analisa deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang mewujudkan dalam bentuk bukan angka melainkan dalam bentuk lapangan dan uraian deskriptif. Adapun cara pembahasan yang digunakan untuk menganalisa data dalam hal ini, yaitu dengan menggunakan pola pikir secara deduktif adalah proses untuk memperoleh kesimpulan yang dimulai dari hal-hal yang bersifat umum kepada hal-hal yang bersifat khusus. Penulis menganalisa jawaban yang diberikan informan untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan terkait pola asuh orang tua terhadap kecerdasan anak tunagrahita kelas V-C1.
19SK1921130.00 | SK PAI 19.130 DEW p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain