SKRIPSI PAI
Pengaruh Penggunaan Media Videoscribe Dan Outdoor Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Di SMA Islam Plus Al Bayan Wiradesa
Munir, Adela Nuzulul Amta Alya. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Videoscribe dan Outdoor Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-Bayan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Moh.Muslih, M.Pd, P.hD
Kata kunci: Media Videoscribe, Outdoor Learning,Motivasi Belajar Siswa
Perkembangan teknologi memberi dampak yang besar dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu dampak nyata tersebut adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi utuh, dikenal dengan kompetensi abad ke-21. Untuk mencapai pendidikan yang sesuai dengan kompetensi abad ke-21 dibutuhkan guru yang kreatif, inovatif, variatif dan sadar akan teknologi dalam proses pembelajarannya. Salah satu contoh dari sikap kreatif, variatif, dan sadar teknologi oleh guru yaitu dengan pemanfaatan teknologi sebagai media pendidikan (videoscribe) dan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan (outdoor learning) untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang bagaimana pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan, bagaimana pengaruh outdoor learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan dan bagaimana pengaruh penggunaan media videoscribe dan outdoor learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media videoscribe terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan, untuk mengetahui bagaimana pengaruh outdoor learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media videoscribe dan outdoor learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Plus Al-bayan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi berganda (multiple regression).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam Plus Al-Bayan Wiradesa dengan objek penelitian kelas X dan XI tahun pelajaran 2017/2018.
19SK1921089.00 | SK PAI 19.089 MUN p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain