SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Muhadatsah Dalam Meningkatkan Minat Pembelajaran Bahasa Arab Di MTS Al Fatah Talun
Naeli, Nurul 2018. Implementasi Strategi Muhadatsah dalam Meningkatkan Minat Pembelajaran Bahasa Arab di MTS Al-fatah Talun. Skripsi Fakultas Tarbiyah. Jurusan Ilmu Keguruan/ Pendidikan Bahasa Arab. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Abdul Basith, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi Muhadatsah dan Minat Pembelajaran Bahasa Arab
Metode muhadatsah merupakan suatu cara yang menyajikan bahan pelajaran bahasa Arab melalui cerita maupun percakapan, dalam percakapan tersebut dapat terjadi antara guru dengan murid atau murid dengan murid sehingga dapat memperkaya kata-kata.Strategi muhadatsah merupakan alat untuk melatih dalam kelancaran maharah kalam yang merupakan suatu pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab, karena strategi muhadatsah merupakan pembelajaran yang aktif karena tidak hanya guru yang berbicara dan siswa mendengarkan saja, tetapi semua siswa aktif dan diikut sertakan untuk berbicara secara langsung.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengemukakan rumusan masalahnya sebagai berikut, yaitu: 1. Bagaimana implementasi strategi muhadatsah dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII di MTS Al-fatah Talun? 2. Bagaimana minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTS Al-fatah Talun? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk mendeskripsikan strategi muhadatsah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTS Al-fatah Talun, 2. Untuk mendeskripsikan minat belajar bahasa Arab di MTS Al-fatah Talun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Dalam analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model analisis deskriptif dimana data tersebut tidak berupa angka tetapi berupa informasi uraian dalam bentuk bahasa/atribut-atribut yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.
19SK1921081.00 | SK PAI 19.081 NAE i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain