SKRIPSI PAI
Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di MTS Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Nisa’ Ulwiyah, 2018. Pengaruh Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan: Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan S1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Ahmad Ta’rifin, M.A; Risqiana, M.Pd.
Kata kunci: Kepemimpinan Demokratis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Sejarah pertumbuhan peradaban manusia banyak menunjukkan bukti bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kelangsungan organisasi adalah kuat tidaknya pemimpin. Kepala madarasah sebagai pimpinan tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan. Kepemimpinan kepala madrasah yang baik harus dapat mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui program pembinaan kemampuan tenaga kependidikan dan ketertiban guru dalam kedisiplinan waktu. Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Salah satu tipe kepemimpinan yang digunakan dalam dunia pendidikan adalah tipe kepemimpinan demokratis. Tipe ini dianggap sebagai tipe yang ideal dan paling baik terutama untuk kepentingan pendidikan. Tipe kepemimpinan ini juga diterapakan oleh kepala madrasah di MTs Salafiyah Wonoyoso.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan demokratis Kepala MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Bagaimana kinerja guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Seberapa besar pengaruh kepemimpinan demokratis kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan demokratis kepala madrasah di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan, mendeskripsikan kinerja guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan serta untuk mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan demokratis kepala madrasah di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Kegunaan penelitian secara teoritis diharapkan menambah pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepemimpinan demokratis serta kinerja guru. Sedangkan kegunaan secara praktis adalah untuk memberikan gambaran tentang pengaruh kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.
19SK1921079.00 | SK PAI 19.079 ULW p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain