SKRIPSI PGMI
Peran Guru Sebagai Motivator Pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Wahid Hasyim Warungasem
ROSYADA, AMRINA. 2018. “Peran Guru Sebagai Motivator Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Wahid Hasyim Warungasem”, Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dra. Hj. Fatikhah, M.Ag.
Kata Kunci : Peran Guru dan Motivator
Keberhasilan pembelajan Sejarah Kebudayaan Islam di MI Wahid Hasyim Warungasem dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu motivasi belajar siswa. Karena motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada individu (siswa) untuk melaksanakan pembelajaran. Dalam kegiatan belajar mengajar guru berkedudukan sebagai motivator, karena salah satu tugas guru adalah menggali motivasi.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi yang diberikan guru dalam proses belajar mengajar sejarah kebudayaan islam di MI wahid hasyim warungasem, dan bagaimana peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MI wahid hasyim warungasem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap lebih mendalam tentang peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah guru kelas IV mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, kepala sekolah MI Wahid Hasyim Warungasem serta buku dan data tentang peran guru sebagai motivator pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
19SK1923060.00 | SK PGMI 19.060 ROS p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain