SKRIPSI PAI
Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan
Murjini, Urip. 2018. Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VIII Di SMP
Negeri 1 Tirto Kabupaten Pekalongan. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pekalongan.
Pembimbing: Dr. H. Salafudin, M.Si.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kurikulum 2013, PembelajaranPendidikan
Agama Islam Dan Budi Pekerti.
Kunci utama suksesnya pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah terletak pada
guru yang mempunyai kompetensi pedagogik yang tinggi. Kompetensi pedagogik
mutlak dimiliki oleh seorang pendidik yang meliputi kemampuan guru dalam
memahami karakter peserta didik, mampu merancang pelaksanaan pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, mampu
mengevalusi peserta didik sesuai dengan ketetapan penilaian Kurikulum 2013 dan
guru seorang guru harus mampu menembangkan bakat dan minat peserta didik
sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Permasalahan yang akan dikaji meliputi: Bagaimana pelaksanaan kurikulum
2013 pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti, Kompetensi pedagogik guru
dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI dan Budi
Pekertikelas vii, dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013
dan bagaimana upayanya untuk mengatasi hambatan tersebut. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 di
SMP N 1 Tirto, untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan
Kurikulum 2013 dan mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dan upaya
untuk mengatasi hambatan tersebut dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti.
19SK1921069.00 | SK PAI 19.069 MUR k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain