SKRIPSI PGMI
Penerapan Strategi Make A Match Dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Menyebutkan Rukun Islam Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas I B MI Ma'arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto
Indayati, Sri. 2018. Penerapan Strategi Make a Match dalam Mata Pelajaran Fiqih Materi Menyebutkan Rukun Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dra. Hj. Fatikhah, M.Ag Kata Kunci : Strategi Make a Match dan Hasil Belajar
Mata pelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fiqih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataan menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satunya adalah ketidaktepatan guru dalam penggunaan strategi pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah, jadi terkesan monoton dan tidak variatif, dan kegiatan pembelajaran hanya berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar hasil belajar siswa pada kondisi pra siklus, dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun Islam melalui strategi pembelajaran Make a Match di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kondisi pra siklus, dan mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih materi menyebutkan rukun Islam melalui strategi pembelajaran Make a Match di kelas I B MI Ma’arif NU An-Nur Bebel Kecamatan Wonokerto. Manfaat penelitian ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan suasana belajar menyenangkan, dan menggali kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran di kelas.
19SK1923055.00 | SK PGMI 19.055 IND p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain