SKRIPSI PGMI
Eksperimen Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kela V Di MI Islamiyah Candi Kecamatan Banar Kabupaten Batang
Nurul Khutami, Zulfa. 2018. Eksperimen Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas V Di MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Juwita Rini, M.Pd. Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TSTS), pembelajaran langsung, hasil belajar, minat.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika serta anggapan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap tidak mudah dipahami. Banyak siswa yang tidak tertarik dan tidak berminat belajar matematika. Untuk itu perlu usaha untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan mengubah model pembelajaran di kelas serta meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ada tiga, yaitu (1) Mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran langsung, (2) Mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar sedang, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan sampling total. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tahun 2018/2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan metode levene test.
19SK1923051.00 | SK PGMI 19.051 KHU e | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain