SKRIPSI PGMI
Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah (MSI) 02 Keputran Pekalongan
Ulya, Vina Himatul. 2018. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV di Madarasah Salafiyah Ibtidaiyah (MSI) 02 Keputran Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan (IAIN) Pekalongan. Pembimbing H. Agus Khumaedy, M.Ag.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Keaktifan Belajar.
MSI 02 Keputran Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang baru menerapkan kurikulum 2013 pada awal semester satu tahun ajaran 2017/2018. Kurikulum 2013 sebagai hasil pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang dalam pembelajarannya lebih menekankan pada keaktifan siswa, dengan standar proses menggunakan pendekatan ilmiah dan penilaian otentik dijadikan pemerintah sebagai salah satu cara untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional. Kurikulum 2013 diharapkan mampu menciptakan siswa yang aktif, kritis mandiri dan berkarakter, untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan kurikulum 2013 di kelas IV MSI 02 Keputran Pekalongan?, Adakah pengaruh antara penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa? Dan seberapa besarkah pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa? Penelitian ini bertujun untuk mengetahui ada tidaknya dan seberapa besar pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap keaktifan belajar siswa. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dalam bidang pendidikan khususnya dalam penerapan kurikulum 2013.
19SK1923047.00 | SK PGMI 19.047 ULY p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain