SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Baca Tulis AlQuran Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca AlQuran Kelas VI A Di MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun Ajaran 2018-2019
Arzaq, M. Yusril. 2018. “Upaya Guru Baca Tulis Alquran Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Alquran Kelas VI A MSI 01 Kauman Pekalongan Tahun Ajaran 2018-2019.” Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing Hj. Ely Mufidah, M.S.I
Kata Kunci : Guru Baca Tulis Alquran, Kesulitan membaca Alquran.
Alquran merupakan kitab petunjuk yang berisi kalam-kalam Allah yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan tentunya masih banyak lagi kegunaan kitab yang diturunkan oleh nabi Muhammad saw. Selain itu Alquran juga memberikan petumjuk dalam persoalan-persoalan akidah syariah dan akhlaq, dengan jalan meletakan dasar dasar-dasar prinsipil mengenai persoalan-persoalan tersebut, dan memberikan keterangan yang lengkap mengenai dasar-dasar itu, namun pada dasarnya dalam membaca alqur’an banyak yang mengalami kesulitan. Kesulitan-kesulitan yang di alami dalam membaca Alquran siswa adalah masih belum mampu membedakan mana huruf yang satu dengan huruf yang lain sebagaimana observasi di kelas VI A, sebagai contoh peserta didik terkadang masih belum mampu membedakan cara membaca huruf dad dengan za padahal jelas berbeda dalam cara membacanya, selain itu juga pada bacaan tajwid terkadang bacaan ikhfa’ (samar) dibaca idghom (dengung) dan yang seharusnya dibaca panjang peserta didik melafalkan dengan pendek dan lain sebagainya, padahal tak sedikit peserta didik yang telah di wisuda di TPQ masing-masing.
19SK1923044.00 | SK PGMI 19.044 ARZ u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain