SKRIPSI PGMI
Upaya Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silak Di SD Negeri Kauman 07 Kabupaten Batang
NABILA, KIPTIA DWI. 2018. UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT DI SD KAUMAN 07 KABUPATEN BATANG. Skripsi Fakultas/ Jurusan: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/ S1 PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dr. Slamet Untung, M. Ag.
Kata Kunci : Karakter, Ektrakurikuler, Pencak Silat.
Pendidikan karakter dipahami sebagai upaya penanaman kecerdasan dalam berpikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengalaman dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai- nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, antarsesama, dan lingkungannya. Oleh karena itu, penanaman pendidikan karakter tidak bisa hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan atau melatih suatu keterampilan tertentu. Karakter disekolah dapat dikembangkan melalui mata pelajaran atau sktrakurikuler. Kegiatan- kegiatan ekstrakurikuler merupakan bagian dari proses perkembangan dan pendewasaan peserta didik karena kegiatan ekstrakurikuler secara tidak langsung dapat membuat siswa berdisiplin dan bertanggung jawab. Dalam hal ini penulis memilih tempat SD Negeri Kauman 07 Kabupaten Batang karena merupakan salah satu sekolah dasar yang telah mengupayakan adanya pengembangan karakter dengan memfasilitasi dengan berbagai macam ekstrakurikuler, setiap peserta didik wajib mengikuti minimal 1 ekstrakurikuler pilihan dan atau sanggar belajar sebagai sarana pengembangan diri, salah satunya yaitu dengan ekstrakurikuler pencak silat yang di tawarkan oleh SD Negeri Kauman 07 Kabupaten Batang sebagai bentuk upaya mengembangkan pendidikan karakter peserta didik.
19SK1923041.00 | SK PGMI 19.041 NAB u | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain