SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Mapel Pendidikan Agama Islam Di MI NU Buaran Pekalongan
Khoirul Umam. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Mapel Pendidikan Agama Islam di MI NU Buaran Pekalongan. Skripsi Fakultas/Program Studi: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/PGMI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing : Chusna Maulida, M.Pd.I. Kata kunci : model pembelajaran, kelompok mapel pendidikan agama Islam. Penerapan model pembelajaran kelompok mapel pendidikan agama Islam di MI NU Buaran Pekalongan yang belum optimal mengakibatkan siswa menjadi bosan. Siswa hanya diberikan buku teks pelajaran yang berisi bermacam-macam materi untuk dipelajari tanpa menggunakan metode dan model pembelajaran yang merangsang siswa aktif dan tertarik untuk mengikuti pelajaran, terutama pada Kelompok Mapel Pendidikan Agama Islam yang cakupan materinya sangat luas. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru dituntut mampu merancang dan menerapkan model pembelajaran kelompok mapel pendidikan agama Islam yang mampu merangsang siswa aktif dan tertarik untuk mengikuti pelajaran. Model pembelajaran tersebut diantaranya adalah 1) model pembelajaran kontekstual, 2) model pembelajaran inkuiri, dan 3) model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dirumuskan masalah yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran dalam kelompok mapel pendidikan agama Islam di MI NU Buaran Pekalongan, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran kelompok mapel Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kelompok mapel Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di MI NU Buaran Pekalongan serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran kelompok mapel Pendidikan Agama Islam di MI NU Buaran Pekalongan.
19SK1923039.00 | SK PGMI 19.039 UMA m | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain