SKRIPSI PAI
Implementasi Program Remedial Dan Pengayaan Sebagai Upaya Pencapaian Ketuntasan Dan Pengoptimalan Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warungasem
Sholikhah. Inayatus. 2018. Implementasi Program Remedial dan Pengayaan sebagai Upaya Pencapaian Ketuntasan dan Pengoptimalan Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Warungasem. Jurusan/Fakultas: PAI/Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: Failasuf Fadli, M.S.I.
Kata Kunci: Program Remedial dan Pengayaan
Guru hendaknya memperhatikan perbedaaan individual anak didik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Saat kegiatan belajar berlangsung guru akan menemui bahwa tidak semua anak didik akan dapat menguasai bahan pelajaran secara tuntas (mastery). Persoalan tersebut terjadi karena kemampuan setiap siswa dalam memahami suatu pelajaran berbeda-beda, ada siswa yang cepat dalam menguasai materi pelajaran dan ada pula siswa yang terlambat dalam belajarnya. Hal ini terlihat jelas pada saat guru mengolah hasil evaluasi. Hasil dari evaluasi ditemukan siswa yang belum menguasai kompetensi yang ditetapkan dan juga siswa yang telah mencapai kompetensi yang dirumuskan. Untuk menangani siswa yang belum menguasai kompetensi dilaksanakan program remedial sedangkan siswa yang telah mencapai kompetensi diberikan program pengayaan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi program remedial dan pengayaan sebagai upaya pencapaian dan pengoptimalan belajar, dukungan serta hambatan program remedial dan pengayaan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kegunaan secara teoritis untuk menambah keilmuan mengenai program remedial dan pengayaan dan memberikan sumbangan pemikiran tentang upaya dalam pencapaian ketuntasan dan pengoptimalan belajar peserta didik. Secara praktis untuk memberikan informasi pelaksanaan program remedial dan pengayaan yang baik dan memberikan informasi tentang upaya dalam mencapai ketuntasan dan mengoptimalkan belajar melalui program remedial dan pengayaan.
19SK1921042.00 | SK PAI 19.042 SHO i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain