SKRIPSI PAI
Kompetensi Sosial Guru PAI Dalam Menjalin Keharmonisan Dengan Peserta Didik Di SMK Ma'arif NU Tirto Kota Pekalongan
Ruby, Afwan Maulana. 2018. Kompetensi Sosial Guru PAI dalam menjalin keharmonisan dengan peserta didik (Studi Kasus di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan). Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan PAI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing H. Agus Khumaedy, M.Ag.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial, Keharmonisan.
Skripsi ini dilatarbelakangi akan adanya beberapa guru yang belum bisa menerapkan konsep dari kompetensi sosial, seperti belum bisa memberikan penguatan verbal dan non verbal serta dalam bekerjasama dengan peserta didik belum terjalin.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Kompetensi Sosial Guru PAI dalam Menjalin Keharmonisan dengan Peserta didik. Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Kompensi Sosial Guru PAI dengan Peserta didik. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi sosial guru PAI dalam berhubungan dengan peserta didik di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kompetensi sosial guru PAI dengan peserta didik di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini adalah: Secara teoritis dapat memberikan manfaat secara teoritis, sekurang-kurangnya dapat berguna sebagai sumbangan pemikiran bagi dunia pendidikan. Secara praktis untuk menambah wawasan khasanah keilmuan, khususnya tentang kompetensi sosial guru PAI dalam menjalin keharmonisan dengan peserta didik di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan.
Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan penelitian lapangan {Field research}. Yaitu jenis penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala-gejala yang diselidiki, data yang diperoleh darihasil pengamatan langsung maupun tidak langsung. Adapun sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian juga didukung dengan metode kualitatif dan Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dengan cara wawancara dan obsevasi sebagai pendukung. Semua data dianalisis menggunakan metode deskrptif analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Guru PAI di SMK Ma’arif NU Tirto Kota Pekalongan mampu menjaga dan membentuk hubungan antar guru dan peserta didik menjadi harmonis. Serta dapat menciptakan komunikasi yang baik dan mampu menyesuaikan perannya baik disekolah maupun dimasyarakat. Mampu menjalin keharmonisan berkomunikasi dengan sesama guru dengan baik serta guru PAI pun mampu memberikan arahan kepada sesama. Faktor pendukung kompetensi sosial guru dalam menjalin keharmonisan dengan peserta didik adalah guru PAI rata-rata berasal dari lulusan sarjana dan alumni pondok pesantren sehingga dapat mengetahui dan memahami peserta didiknya, serta kemampuan berbicara dan memberikan penguatan verbal, mampu memahami keinginan peserta didik. Kemudian keberadaan sekolah yang bernaung dan satu wadah yang
VIII
seragam yaitu Ma’arif NU sehingga karakter NU melekat pada diri peserta didik, serta berbagai kegiatan yang dilakukan sekolah dengan masyarakat guna selalu menjaga hubungan baik, kemudian dari pihak senior selalu memberikan bimbingan dan ada faktor kaderisasi. Untuk faktor penghambat kompetensi sosial guru dalam menjalin keharmonisan dengan pesrta didik adalah faktor bawaan dari diri peserta didik, penguasaan konsep interaksi sosial masih ada yang kurang dalam berkomunikasi, sarana dan prasarana untuk pembelajaran masih cukup kurang.
19SK1921039.00 | SK PAI 19.039 RUB k | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain