SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Pembelajaran Dalam Rangka Interaksi Edukatif Antara Pengajar Dan Santri Di Pondok Pesantren Riyadlul Muhibbin Wal Muhibbat Desa Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan
Mufrodah, Siti. 2021114336, 2018. Implementasi Metode Pembelajaran Dalam
Rangka Interaksi Edukatif Antara Pengajar Dan Santri Di Pondok Pesantren
Riyadlul Muhibbin Wal Muhibbat Desa Jenggot Kecamatan Pekalongan Selatan
Kota Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan/PAI Institut
Agama Islam Negeri Pekalongan. Pembimbing: H. Miftahul Huda, M. Ag.
Kata kunci: Implementasi, Metode Pembelajaran, Interaksi Edukatif Antara
Pengajar dan Santri.
Implementasi metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi
pencapaian keberhasilan dalam proses belajar mengajar, serta dapat
merealisasikan nilai-nilai ideal yang terkandung dalam tujuan pendidikan. Proses
belajar mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur
manusiawi. Dimana interaksi edukatif merupakan komunikasi timbal balik antara
pihak yang satu dengan pihak yang lain untuk mencapai tujuan belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama,
bagaimana implementasi metode pembelajaran di Pondok Pesantren Riyadlul
Muhibbin Wal Muhibbat, Kedua, faktor apa yang mendukung dan menghambat
implementasi metode pembelajaran dalam rangka interaksi edukatif antara
pengajar dan santri di Pondok Pesantren Riyadlul Muhibbin Wal Muhibbat.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode
pembelajaran dalam rangka interaksi edukatif antara pengajar dan santri dan untuk
mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode
pembelajaran dalam rangka interaksi edukatif antara pengajar dan santri di
Pondok Pesantren Ritadlul Muhibin Wal Muhibbat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan
menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan sosiologi
pendidikan. Sumber data yang dgunakan adalah sumber data primer dan sumber
data sekunder. Teknik pengumulan data dengan menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data,
menyajkan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode
pembelajaran dalam rangka interaksi edukatif di pondok pesantren riyadlul
muhibbin wal muhibbat menunjukkan bahwa. Metode sorogan kitab dan Al-
Qur’an, implementasi kedua metode sorogan tentang sistemnya sama, dimana
santri maju satu persatu untuk menyetorkan bagiannya masing-masing dan
pengajar mendengarkan serta membetulkan ketika ada yang salah, maka terjadilah
interaksi edukatif antara pengajar dan santri. Metode tanya jawab dilaksanakan di
sekolah madrasah diniyah pada kelas empat, dimana para santri dapat berperan
aktif dan bertanya kepada pengajar mengenai materi yang belum difaham dalam
pembelajaran, sehingga terjadi interaksi edukatif antara pengajar dan santri.
Metode musyawarah, dilaksanakan pada santri kelas empat madrasah diniyah,
sehingga terjadi interaksi edukatif antara pengajar dan santri dimana santri dapat
ix
berperan aktif mengemukakan pendapatnya dengan di pantau oleh pengajar. 2)
Faktor pendukung dan faktor penghambat dari metode pembelajaran dalam
rangka interaksi edukatif. a) Adapun faktor pendukung metode pembelajaran
dalam rangka interaksi edukatif antara pengajar dan santri adalah: a)
profesionalitas pengajar b) kitab dimiliki oleh masing-masing santri c) sarana
prasarana yang memadai d) keaktifan santri e) antusiasme santri f) pondok
pesantren bekerjasama dengan masyarakat sekitar pondok. Sedangkan faktor
penghambat dalam metode pembelajaran dalam rangka interaksi edukatif adalah :
a) mayoritas santri masih bersekolah b) rasa mengantuk c) gedung untuk
madrasah diniyah belum milik sendiri.
19SK1921036.00 | SK PAI 19.036 MUF i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain