SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa Terhadap Etika Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 03 Warureja Tegal
Maulidiah, Yuyun Nailufar. 2021114185. 2018. Persepsi Siswa Terhadap Etika
Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 03
Warureja Tegal. Skripsi Jurusan Tarbiyah/S1 PAI Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pekalongan.
Pembimbing: Hj. Nur Khasanah, M.Ag.
Kata kunci: Persepsi, Etika Guru, dan Pembelajaran PAI
Persepsi merupakan proses yang diketahui oleh penginderaan, yaitu proses
yang diterima individu melalui alat reseptor yaitu alat indera. Proses pengindraan
ini tidak terlepas dari persepsi.Guru adalah semua orang yang berwenang dan
bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didik. Salah satu
faktor terpenting adalah bagi guru adalah etika. Kode etik berisi norma dan etika
yang mengikat perilaku guru dalam pelaksanaan tugas keprofesionalannya.
Pembelajaran pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencana dalam
menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga
mengimani ajaran agama islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Bagaimana etika guru
dalam pelaksanaan pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 03 Warureja
Tegal. 2). Bagaimana persepsi siswa terhadap etika guru dalam pembelajaran PAI
kelas VIII di SMP Negeri 03 Warureja Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1). Untuk mendeskripsikan etika guru dalam pelaksanaan pembelajaran PAI kelas
VIII di SMP Negeri 03 Warureja Tegal. 2). Untuk menggambarkan persepsi siswa
terhadap etika guru dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 03
Warureja Tegal.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan analisis tanpa
menggunakan analisis statistik maupun kualifikasi lainnya. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode inteview, metode observasi, dan metode dokumentasi.
Sumber data yang di gunakan berwujud data primer dan sekunder.
19SK1921033.00 | SK PAI 19.033 MAU p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain