SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Kitab Simthud Durar Karya Habib 'Ali Bin Muhammad Al Habsyi
Azhari, M. Yusuf. 2018. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kitab Simthud Durar
Karya Habib ‘Ali bin Muhammad al-Habsyi. Skripsi Fakultas/Jurusan: Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan / Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pekalongan. Pembimbing: H. Agus Khumaedy, M.Ag
Kata kunci: Nilai-nilai, Pendidikan Islam, Kitab Simthud Durar.
Kitab Simthud Durar merupakan sebuah karya tulis berupa prosa, sajak serta
menggunakan bahasa yang indah berisikan tentang biografi Nabi Muhammad
Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, mencakup nasabnya (silsilah), kehidupannya dari
masa kanak-kanak hingga menjadi rasul. Selain itu, juga mengisahkan sifat-sifat
mulia yang dimilikinya, serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan manusia.
Pendidikan Islam adalah pendidikan yang berasaskan ajaran atau tuntunan agama
Islam dalam usaha membina dan membentuk pribadi-pribadi muslim yang
bertakwa kepada Allah, cinta dan kasih kepada kedua orang tua dan sesama
hidupnya, cinta kepada tanah air sebagai karunia yang diberikan oleh Allah,
memiliki kemampuan dan kesanggupan memfungsikan potensi-potensi yang ada
dalam dirinya dan alam sekitarnya, hingga bermanfaat dan memberi kemaslahatan
bagi dirinya dan bagi masyarakat pada umumnya.
Rumusan masalah penelitian bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung dalam kitab Simthud Durar karya Habib ‘Ali bin Muhammad al-
Habsyi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam
yang terkandung dalam kitab Simthud Durar karya Habib ‘Ali bin Muhammad al-
Habsyi. Kegunaan penelitian untuk menambah wawasan keilmuan yang dapat
dijadikan sebagai bahan wacana untuk memperkaya bacaan dan sebagai sumber
literatur pustaka dan memberikan sumbangan bagi perkembangan pengetahuan,
khususnya pendidikan Islam yang dapat dijadikan sebagai panduan dalam
mengembangkan nilai-nilai pendidikan Islam.
Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang
digunakan penelitian pustaka (library research). Sumber data yang digunakan
sumber data primer dan sekunder, sumber data primer berupa Kitab Simthud
Durar itu sendiri dan keterangan penjelas dari Habib Idrus bin Alwi al-Bahr,
sumber data sekunder berupa buku-buku yang memuat tentang Kitab Simthud
Durar, penulis Kitab Simthud Durar, dan buku-buku maupun sumber informasi
lain yang memuat keterangan mengenai makna-makna yang terkadung dalam
Kitab Simthud Durar, khususnya yang berkaitan dengan nilai pendidikan Islam.
Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analisys) yaitu
analisis data dilakukan dengan peninjauan secara keseluruhan dari semua isi
komunikasi yang tidak dibiaskan oleh selera pribadi atau perhatian sesaat.
19SK1921032.00 | SK PAI 19.032 AZH n | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain