SKRIPSI PAI
Peran Guru BTQ Dalam Menumbuhkan Minat Baca Tulis Al Qur'an Siswa Di SMP N 3 Pekalongan
Aziz, M. Miftakhul. 2018. Peran Guru BTQ dalam Menumbuhkan Minat Baca
Tulis Al-Qur’an Siswa di SMP N 3 Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pekalongan. Ibu Ely Mufidah, M.S.I
Kata Kunci : BTQ
Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an merupakan sarana pengembangan
kreatifitas siswa untuk mengaktualisasikan minatnya dalam membaca al-Qur’an.
Selain BTQ bertujuan mewujudkan siswa yang Qur’ani dan mencintai al-Qur’an.
Dengan harapan siswa memiliki pemahaman dan penghayatan isi kandungan al-
Qur’an dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
Sehingga siswa dapat melestarikan seni dan budaya bangsa indonesia.
Peneliti memaparkan dua permasalahan yaitu Bagaimana Peran guru BTQ
dalam menumbuhkan minat baca tulis al-Qur’an siswa di SMP N 3 Pekalongan ?
Apa saja faktor pendukung dan penghambat Peran guru BTQ dalam
menumbuhkan minat baca tulis al-Qur’an siswa di SMP N 3 Pekalongan ?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana Peran guru
BTQ dalam menumbuhkan minat baca tulis al-Qur’an siswa di SMP N 3
Pekalongan. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Peran guru
BTQ dalam menumbuhkan minat baca tulis al-Qur’an siswa di SMP N 3
Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan
(field research) karena peneliti terjun langsung ke lokasi yang dijadikan objek
penelitian yaitu SMP N 3 Pekalongan. Teknik Pengumpulan data yang peneliti
gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Minat baca tulis Al-Qur’an siswa
di SMP N 3 Pekalongan tergolong baik dan mampu mendorong untuk mencapai
prestasi di sekolah. Dibuktikan dengan siswa yang aktif belajar dan hadir
mengikuti kegiatan pembelajaran BTQ yang diselenggarakan oleh sekolah. Guru
dalam kegiatan pembelajaran BTQ mempunyai peran yang sangat penting yaitu:
sebagai motivator, inspirator, serta integrator.
19SK1921017.00 | SK PAI 19.017 AZI p | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain