SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Di SMK Syafi'iyah Bantarbolang Kabupaten Pemalang
Hidayati, Novia. 2018. Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di SMK
Syafi’iyah Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah PAI
IAIN Pekalongan.
Pembimbing: Dr. H. Salafudin, M.Si
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Kewirausahaan.
Mengingat banyaknya jumlah pengangguran terdidik, hendaknya
pendidikan di sekolah memberi bekal keterampilan pada peserta didik agar bisa
survive dalam menghadapi kehidupannya. Kewirausahaan merupakan
keterampilan aplikatif yang dapat menjadi bekal hidup yang paling tepat. Dengan
keterampilan aplikatif tersebut, peserta didik dapat menciptakan lapangan
pekerjaan untuk dirinya dan orang-orang yang ada di sekelilingnya. Sehingga
dapat mengatasi masalah di negeri ini terkait sempitnya lowongan pekerjaan.
Permasalahan yang ada terkait dengan latar belakang di atas adalah:
bagaimana implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK Syafi’iyah
Bantarbolang Kab. Pemalang. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat
implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK Syafi’iyah Bantarbolang Kab.
Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi
pendidikan kewirausahaan di SMK Syafi’iyah Bantarbolang, dan untuk
memberikan gambaran secara jelas tentang faktor pendukung dan faktor
penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan yaitu sumber
data primer dan sumber data sekunder. Tekik pengambilan data yang digunakan
adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
adalah deskriptif analisis dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau
lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi.
19SK1921009.00 | SK PAI 19.009 HID i | My Library (Lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain