SKRIPSI BPI
Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Problem Bullying Siswa di MAN 1 Kota Pekalongan
Latar belakang masalah, bullying merupakan pola perilaku yang bertujuan untuk menyakiti hati dan mempermalukan individu lain, terutama individu yang dipandang lebih lemah dari pada pelaku bullying tersebut. Bullying bukanlah kondisi baru di sekolah-sekolah, meski akhir-akhir ini menjadi marak dan bahkan menjadi fenomena keseharian di sekolah. Meski bukan hal baru bullying tetaplah sebagai suatu persoalan atau kondisi-kondisi yang perlu diatasi karena dapat berdampak buruk bagi korbannya. Ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku bullying dengan korbannya menghalangi keduanya untuk menyelesaikan konflik mereka sendiri sehingga perlu kehadiran pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut adalah guru bimbingan dan konseling, sebagai orang dewasa atau orangtua yang sedang membimbing pertumbuhan fisik dan psikis mereka dalam membantu menyelesaikan masalah siswa secara optimal.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan? 2) Bagaimana peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan dan untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Pedekatan yang dilakukan alam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan sifat dari penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sumber data primernya yaitu siswa kelas XI IPS dan guru bimbingan dan konseling sedangkan teknik analisis data mengunakan metode deskriptif analitis yang bertujuan menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan. Kemudian ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problem bullying di MAN 1 Kota Pekalongan antara lain: bullying verbal, bullying relasional dan bullying elektronik. Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi problem bullying siswa di MAN 1 Kota Pekalongan yaitu sebagai penasihat, sebagai seorang konselor dan konsultan serta sebagai motivator.
18SK1835099.00 | SK BPI 18.099 FAR p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain