SKRIPSI BPI
Implementasi Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Reward dan Punishment dalam Menanamkan Kedisiplinan Siswa di SMP Islam al Bayan Wiradesa
Kata Kunci : Kedisiplinan, Bimbingan Konseling Islam, Reward dan Punishment
Kedisiplinan perlu di tanamkan sejak dini agar dapat melekat pada
kepribadian siswa sampai ia tumbuh dewasa. Kedisiplinan merupakan kunci
kesuksesan. Siswa di sekolah adalah tanggung jawab pihak sekolah selama masih
berada di lingkungan sekolah dan menjadi pengganti orangtua, sehingga sekolah
berperan dalam memberikan pendidikan bagi siswa. Bimbingan konseling Islam
dalam menanamkan kedisiplinan sangat diperlukan untuk mereka, baik
kedisiplinan dalam waktu, beribadah, menaati aturan dan dalam bersikap. Oleh
karena itu, perlu adanya metode dalam menanamkan kedisiplinan siswa. Di dalam
sekolah menggunakan metode atau teknik bimbingan konseling Islam dengan
teknik reward dan punishment yang berlandaskan Islam dengan maksud untuk
membentuk pribadi siswa agar dapat menumbuhkan kesadaran dalam dirinya.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1)
Bagaimana kedisiplinan siswa di SMP Islam al bayan Wiradesa? 2) Bagaimana
implementasi bimbingan konseling Islam dengan teknik reward dan punishment
dalam menanamkan kedisiplinan siswa di SMP Islam al bayan Wiradesa? 3) Apa
saja faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa di SMP Islam al bayan
Wiradesa?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan
(field research). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam menanamkan kedisiplinan atau
proses layanan bimbingan konseling digunakan metode langsung yakni (konseling
individu) biasanya dengan teknik hukuman (punishment) dan hadiah (reward),
teguran serta tambahan ceramah (bimbingan kelompok) dan tanya jawab.
Sedangkan metode tidak langsung guru BK menggunakan jadwal kegiatan dan
keteladanan. Dilihat dari perubahan perilaku kedisiplinan siswa di SMP Islam al
bayan Wiradesa sudah baik, yang tadinya melanggar peraturan sekolah kini lebih
menaati peraturan sekolah, meskipun demikian masih ada dari mereka yang
kurang dalam disiplin.
18SK1835091.00 | SK BPI 18.091 MUS i | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain