SKRIPSI BPI
Penanaman Motivasi Berprestasi Melalui Bimbingan Keagamaan untuk Meraih Prestasi Belajar yang Baik (Studi di Panti Asuhan Putri Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Motivasi Berprestasi, dan Bimbingan Keagamaan
Prestasi belajar merupakan penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Dalam proses pencapaiannya, prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya yaitu motivasi berprestasi. Individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dalam dirinya, akan menumbuhkan banyak energi untuk melakukan suatu tindakan, apapun keadaannya dan bagaimanapun kondisinya ia akan tetap berusaha untuk melakukannya. Berdasarkan hasil nilai raport prestasi belajar yang diraih oleh anak-anak di Panti Asuhan Putri Wisma Rini ‘Aisyiyah Kota Pekalongan pada tahun 2016-2017 atau pada semester dua ini mengalami penurunan dibandingkan dengan semester yang lalu, hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi berprestasi dalam diri anak, sehingga mengakibatkan tidak adanya usaha yang maksimal dalam diri anak untuk bisa meraih prestasi, kurangnya rasa tanggung jawab dalam diri anak, dan kurangnya konsentrasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini diperlukan adanya penanaman motivasi berprestasi untuk meraih prestasi belajar yang baik, salah satunya melalui bimbingan keagamaan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimana prestasi belajar anak di Panti Asuhan Putri Wisma Rini ‘Aisyiyah Kota Pekalongan, 2) bagaimana penanaman motivasi berprestasi melalui bimbingan keagamaan untuk meraih prestasi belajar yang baik di Panti Asuhan Putri Wisma Rini ‘Aisyiyah Kota Pekalongan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui prestasi belajar anak di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyiyah Kota Pekalongan dan untuk mengetahui penanaman motivasi berprestasi melalui bimbingan keagamaan untuk meraih prestasi belajar yang baik di Panti Asuhan Wisma Rini Aisyah Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan, kemudian disusun, dijelaskan, dan sekaligus dianalisis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak-anak Panti Asuhan Putri Wisma Rini ‘Aisyiyah Kota Pekalongan sebelum mendapatkan penanaman motivasi berprestasi melalui bimbingan keagamaan memiliki prestasi belajar yang
xiii
kurang baik. Setelah mendapatkan penanaman motivasi berprestasi melalui bimbingan keagamaan, prestasi belajar yang di raih anak-anak Panti Asuhan Putri Wisma Rini ‘Aisyiyah Kota Pekalongan menjadi lebih baik. Hal ini ditandai dengan adanya usaha yang keras yang dilakukan oleh anak seperti memanfaatkan waktu longgar untuk selalu belajar, mampu bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu gurunya dan mampu berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan khidmat.
18SK1835081.00 | SK BPI 18.081 KHO p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain