SKRIPSI EKOS
Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Pekalongan
Produk Gadai emas menjadi salah satu alternatif pendanaan yang sangat efektif untuk memperoleh dana pinjaman. Salah satu Bank Syariah yang menawarkan produk gadai emas adalah Bank Syariah Mandiri (BSM) yang telah diluncurkan sejak tahun 2009. Namun, selama empat tahun terakhir BSM Cabang Pekalongan justru menunjukkan bahwa jumlah nasabah gadai emas tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah nasabah adalah strategi pemasaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Gadai Emas Syariah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan pada produk gadai emas syariah di Bank Syariah Mandiri diantaranya product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang/SDM), Physical Evidence (bukti fisik) dan process (proses). Dari ketujuh strategi pemasaran tersebut, terdapat tiga elemen yang sangat mempengaruhi minat nasabah untuk memilih produk gadai emas di BSM. Elemen tersebut yaitu price (harga), promotion (promosi), people (orang/SDM). Media promosi yang mampu menyampaikan informasi ke masyarakat, biaya yang murah, serta pelayanan yang baik dari staf gadai membuat nasabah merasa puas dengan produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Cabang Pekalongan.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Gadai Syariah (rahn), Pembiayaan Gadai Emas Syariah.
18SK1841200.00 | SK EKOS 18.200 BIL a | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain