TA PERBANKAN SYARIAH
Preferensi Nasabah Terhadap Produk Simpanan Tabungan Qurban Idul Adha (Sitaqlid) Di BMT Minna Lana Pekalongan
Preferensi berasal dari kata preference yang mempunyai arti “minat terhadap sesuatu, hal lebih menyukai, sesuatu yang disukai atau kesukaan”. Dalam penelitian ini dimaksudkan yaitu kesukaan atau pilihan nasabah terhadap suatu produk. Memahami perilaku nasabah tidaklah mudah, agar tujuan pemasaran tercapai pemasaran harus mempelajari keinginan, persepsi, preferensi serta perilaku pelanggan sasaran mereka. Kotler menetapkan faktor-faktor utama yang banyak mempengaruhi perilaku konsumen adalah; faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Penelitian ini dirasa penting untuk mengungkapkan tentang faktor apa sajakah yang mempengaruhi preferensi nasabah dalam menggunakan produk lembaga keuangan antara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah.
Penelitian ini dilakukan di BMT Minna Lana Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah produk sitaqlid yang berjumlah 185 nasabah, sementara untuk menentukan jumlah responden menggunakan rumus arikunto yaitu 20% dari populasi yaitu berjumlah 37 orang/nasabah dan tehnik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Variabel independen meliputi faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi, sedangkan variabel dependen yaitu preferensi nasabah. Tehnik analisis data menggunakan uji validitas, uji reabillitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 23.
Secara parsial, faktor yang pengaruh terhadap preferensi nasabah sitaqlid di BMT Minna Lana Pekalongan adalah faktor pribadi, hal ini dibuktikan dengan uji t dengan nilai signifikasi 0,014 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Sedangkan faktor budaya mempunyai nilai signifikasi 0,093 > 0,05; faktor sosial sebesar 0,252 > 0,05; dan faktor psikologi sebesar 0,808 > 0,05. Sedangkan secara simultan, ada pengaruh antara semua variabel independen terhadap variabel dependen. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung lebih besar daripada nilai F tabel yaitu 3,483 > 2,64 , dengan tingkat signifikasi 0,018 < 0,05. Sementara dilihat dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) dapat diketahui bahwa semua variabel mempunyai sumbangan efektif 21,6 % terhadap preferensi nasabah. Sisanya 78,4 % ditentukan oleh faktor-faktor lain.
Kata kunci : Faktor budaya, sosial, pribadi, psikologi. Preferensi nasabah
18TA1842113.00 | TA D-3PBS 18.113 HUD p | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain