TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Di KSPPS BMT Nusa Kartika Wiradesa Pekalongan
Promosi merupakan kegiatan marketing mix yang terakhir. Kegiatan ini
merupakan kegiatan yang sama pentingnya dengan ketiga kegiatan yaitu baik
produk, harga dan lokasi. Dalam kegiatan ini KSPPS BMT Nusa Kartika
Wiradesa berusaha untuk mempromosikan seluruh barang dan jasa yang
dimilikinya baik secara langsung maupun tidak langsung sesuai dengan strategi
yang sudah ada. Tanpa promosi jangan diharapkan nasabah dapat mengenal
produk produk yang ada di KSPPS BMT Nusa Kartika Wiradesa. Oleh karena itu
promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan
mempertahankan nasabahnya. Salah satu tujuan promosi dari KSPPS BMT Nusa
Kartika Wiradesa adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan
dan berusaha menarik calon nasabah yang baru. Oleh karena itu penulis tertarik
untuk meniliti mengenai strategi promosi untuk meningkatkan jumlah nasabah.
Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi
promosi di KSPPS Bmt Nusa Kartika Wiradesa dalam meningkatkan jumlah
nasabah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
mengambil lokasi penelitian di KSPPS BMT Nusa Kartika Wiradesa Pekalongan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini terdiri
dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan
dengan wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data sekunder diperoleh
dari dokumentasi, dan untuk memperoleh hasil penelitian yang
dipertanggungjawabkan kredibilitasnya dapat dilakukan dengan triangulasi
sumber dan metode. Analisis data menggunakan deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi di KSPPS BMT
Nusa Kartika Wiradesa dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu melalui
beberapa cara meliputi periklanan dengan menggunakan media cetak seperti
brosur, spanduk. Personal Selling dengan cara memperkenalkan dan memberi
informasi menarik minat konsumen terhadap produk-prouknya yang ditawarkan
secara tatap muka. Sales Promotion yaitu dengan memberikan bonus pada setiap
produk dengan ketentuan yang berbeda-beda dan bonus kolektor tergantung
seberapa banyak rekening yang dipegang. Publishitas yaitu dengan pembukaan
stand pada acara pameran di gedung, mengikuti kegiatan seperti pengajian
Fatayat. Cara mengatasi hambatan pemasaran promosi untuk meningkatkan
jumlah nasabah di BMT Nusa Kartika Wiradesa pertama dengan cara membuat
brosur yang menarik, jelas dan mudah di pahami, kedua pihak BMT Nusa Kartika
Wiradesa Pekalongan menekankan terhadap karyawan/marketing untuk
melakukan penjualan yang efektif, komunikasi seefektif mungkin dengan
masyarakat
Kata kunci : Strategi Promosi, Nasabah KSPPS Bmt Nusa Kartika
Wiradesa Pekalongan.
18TA1842105.00 | TA D-3PBS 18.105 KHA s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain