TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri (SIFITRI) Di KSU BMT Nabawi Pekalongan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, BMT, Pemasaran, Simpanan Idul Fitri
Perkembangan BMT dapat dilihat dari jumlah nasabahnya, oleh karena itu diperlukan suatu strategi pemasaran dalam menarik minat nasabah. Begitu pula KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan perlu strategi pemasaran untuk memasarkan produk-produknya khususnya produk simpanan idul fitri (SIFITRI) di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan yang mana peminatnya masih kurang. Berdasarkan hal tersebut, peneliti memandang penting untuk melakukan penelitian yang berjudul “Strategi Bauran Pemasaran Pada Produk Simpanan Idul Fitri di KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan”
Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mencoba menganalisis produk SIFITRI dalam menambah jumlah nasabah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta langsung dengan pihak KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan dan diperoleh dari buku maupun dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini.
Dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa SIFITRI dalam operasionalnya menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Strategi KSU BMT NABAWI Kota Pekalongan menggunakan penerapan strategi pemasaran 7P yang meliputi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process. Namun dalam strategi pemasaranya tidak semua metode berjalan dengan lancer dan adapun yang menjadi kendala dalam opesional metode diantaranya adalah respon kurang baik masyarakat serta persaingan yang sangat ketat dengan lembaga keuangan lain.
18TA1842104.00 | TA D-3PBS 18.104 ZAK s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain