TA PERBANKAN SYARIAH
Strategi Meningkatkan Animo Masyarakat Terhadap Produk Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIFITRI) Di BMT Mandiri Umat Cabang Kedungwuni Pekalongan
Strategi merupakan alat yang sangat penting dalam mencapai tujuan,
strategi diperlukan untuk mengelola berbagai usaha, sebagaimana
diketahui bahwa keadan dunia usaha diwarnai dengan adanya perubahan
dari waktu ke waktu. Melihat adanya kenyataan tersebut maka hal
terpenting yang harus diperhatikan oleh pengelola usaha untuk tetap hidup
dan berkembang yaitu dalam menyusun strategi agar produknya mampu
bersaing dan diminati masyarakat dengan produk BMT lainnya yang
sejenis. Oleh sebab itu strategi meningkatkan animo menjadi sangat
penting, karena komunikasi dan pelayanan yang dilakukan BMT untuk
menarik calon Nasabah agar begabung dan memperthankan tabungan pada
Produk SIFITRI ditahun berikutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah : Bagaimana
animo masyarakat terhadap produk Simpanan Hari Raya idul Fitri
(SIFITRI) di BMT Mandiri Umat cabang kedungwni saat ini rendah ?
Bagaimana strategi BMT Mandiri Umat cabang Kedungwuni
Pekalonganan dalam meningkatkan animo masyarakat terhadap produk
Simpanan Hari Raya Idul Fitri (SIFITRI) ? Apa hasil dari penerapan
Strategi di BMT Mandiri Umat dalam meningkatkan animo masyarakat ?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi meningkatkan anio
masyarakat pada produk SIFITRI di Bmt Mandiri Umat cabang Kedungwuni
Pekalongan. Sumber Data menggunakan sumber data primer dan sumber data
sekunder dengan metode pengumpulan data melalui obeservasi, interview dan
dokumenstasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis
deskriptif dan didukung dengan metode triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pelayanan menentukan
strategi untuk meningkatkan animo masyarakat di Bmt Mandirri umat
cabang Kedungwuni Pekalongan belum sesuai, karena dalam saat ini
nasabah yang berminat menabung pada produk SIFITRI belum mengalami
peningkatan yang tinggi dan masih ada masyarakat pasar kedungwuni
yang belum percaya menabungkan dananya di Bmt Mandiri Umat cabang
Kedungwuni Pekalongan
Kata Kunci : Strategi , Animo , Produk SIFITRI
18TA1842070.00 | TA D-3PBS 18.070 ULY s | My Library (lantai 3, Karya Ilmiah) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain