Laporan Penelitian
Implementasi Scientific Approach dalam Proses Pembelajaran Mapel Rumpun PAI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se-Ekskarasidenan Pekalongan
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi atau pelaksanaan scientific approach dalam proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan, mengetahui kendala atau hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan pendekatan ilmiah proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan, mengetahui respon peserta didik setelah pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan secara umum telah berjalan denganbaik, penuh motivasi, kreatif dan inovatif serta sistematis sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan rumusan 5 M. 2) Kendala yang dialami oleh guru mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik bersumber pada aspek pribadi peserta didik sendiri, aspek kompetensi guru, dan aspek ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran. 3) Respon yang ditunjukkan peserta didik setelah proses pembelajaran mapel rumpun PAI di MIN se-Eks Karasidenan Pekalongan adalah peserta didik menjadi lebih aktif dan komunikatif, proses pembelajaran menjadi lebih dialogis dan peserta didik menjadi lebih kritis, memiliki semangat dan rasa ingin tahu yang tinggi.
18LP180027.00 | LP 18.027 MUS i | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain