Laporan Penelitian
Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Mutu Layanan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan
Pada saat ini, bisnsi pada industri pendidikan di Indonesia sebagaimana di negara lain, sudah menjadi sebah ajang persaingan karena semakin banyaknya perguruan tinggi yang serius memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa maupun calon mahasiswa. Dalam mengelola institusinya, perguruan tinggi harus mampu memberikan mutu layanan terbaik pada beberapa aspek. Pelayanan khususnya layanan akademik sebagai bisnis inti yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa sebagai konsumen itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan akademik yang dilakukan oleh peneliti terhadap kepuasan di IAIN Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji terdapat 2 variabel yang berpengaruh yaitu variabel responsivens (daya tanggap) dan variabel tangible (bukti fisik), sedangkan variabel reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), dan emphaty tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan fignifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kesimpulannya ialah kualitas layanan akademik pada dasarnya berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, hal ini dipengaruhi oleh bagaimana institusi tersebut mengelola kualitas layanannya.
18LP180023.00 | LP 18.023 MAK s | My Library (Lantai 3 Referensi dan Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain