SKRIPSI KPI
Implementasi Dakwah Melalui Media Televisi Pada program Rohani Islam Batik TV
Televisi memegang peranan penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak umum, salah satunya adalah menyampaikan dakwah.Salah satu TV tokal yang menyiarkan program dakwah adalah Batik TV dengan programnya yang bernama Rohani Islam.Program tersebut ditayangkan setiap hari jum’at.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan program Rohani Islam di Batik TV? dan (2) Bagaimana implementasi dakwah melalui media televisi di Batik TV? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Rohani Islam di Batik TV dan bagaimana implementasi dakwah melalui media televisi di Batik TV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Wawancara yang peneliti lakukan adalah wawancara kepada da’i dalam program Rohani Islam dan penanggungjawab program Rohani Islam. Observasi yang dilakukan adalah dengan mengamati proses pelaksanaan program Rohani Islam di studio Batik TV. dan dokumentasi yang dilakukan adalah dengan mengabadikan pelaksanaan program Rohani Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Rohani Islam di Batik TV dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap persiapan, program Rohani Islam dibentuk oleh Batik TV untuk memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat tentang cara beragama dengan benar, menambah pengetahuan tentang agama, serta mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih taat beribadah. Pada tahap pelaksanaan, terdapat tiga langkah yaitu perencanaan, produksi dan pasca produksi. Pada langkah perencanaan materi dakwah dibuat oleh narasumber dengan tema yang sudah ditentukan oleh penanggungjawab. Sedangkan pada saat produksi adalah proses shooting program Rohani Islam, editing video pada pasca produksi. Pada tahap evaluasi menunjukan program Rohani Islam dikoreksi dan menghasilkan perubahan konsep yang berkala dengan tujuan agar konsep tidak membosankan dan tepat sasaran. Sedangkan hasil penelitian implementasi dakwah melalui media televisi menunjukan bahwa semua program dakwah di Batik TV mengandung unsur-untur dakwah yang telah dijelaskan dalam teori penelitian. Hal ini menunjukan bahwa penerapan dakwah di media apapun tetap mengandung unsur-unsur dakwah tersebut.
18SK1834008.00 | SK KPI 18.008 UMA i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain