SKRIPSI TP
Pengaruh Pelaksanaan Dzikir Bersama Terhadap Ketenangan Jiwa Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Di MAN 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2016-2017
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan Dzikir Bersama di MAN 2 Pekalongan, (2) Ketenangan Jiwa Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional di MAN 2 Pekalongan, (3) Pengaruh Pelaksanaan Dzikir Bersama terhadap Ketenangan Jiwa Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional di MAN 2 Pekalongan tahun Ajaran 2016-2017.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional (correlational research), populasi yang digunakan yaitu data seluruh siswa kelas XII di MAN 2 Pekalongan tahun ajaran 2016-2017 sebanyak 12 kelas dengan jumlah 406 siswa, penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini yaitu sumber data primer yang diambil dari siswa yang akan menghadapi ujian nasional, dan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, karya tulis maupun penelitian yang erat kaitannya dengan judul skripsi. Karakteristik responden penelitian ini adalah siswa siswi kelas XII MAN 2 Pekalongan sebanyak 60 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan dzikir bersama di MAN 2 Pekalongan termasuk dalam katagori tinggi dengan nilai rata-rata 71. Nilai tersebut berada dalam interval 67-73 yang masuk dalam kategori tinggi. 2) Pada ketenangan jiwa siswa dalam menghadapi Ujian Nasional di MAN 2 Pekalongan termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 63. Nilai tersebut berada dalam interval 59-65 yang termasuk dalam kategori tinggi. 3) Pengaruh Pelaksanaan dzikir bersama terhadap ketenangan jiwa siswa dalam menghadapi ujian nasional di MAN 2 Pekalongan ada pengaruhnya. Hal ini dapat dibuktikan dalam taraf signifikan dengan nilai pengaruh (R) sebesar 0,728, (R2) sebesar 0,529, fhitung = 65,211, serta taraf signifikansi p =0,000. Dari hasil yang telah disimpulkan bahwa pengaruh pelaksanaan dzikir bersama terhadap ketenangan jiwa siswa dalam menghadapi ujian nasional di MAN 2 Pekalongan tahun ajaran 2016-2017 dikatakan signifikan, seperti dalam perspektif psikologi dapat dijelaskan bahwa dalam pandangan teori hipnosis, dzikir dapat dipandang sebagai bentuk self hypnosis, karena pada saat dzikir perhatian seseorang dipusatkan pada objek dzikir, sehingga semakin lama dia makin tidak merasakan rangsangan yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, dalam kondisi sebagaimana tersebut, seseorang akan memperoleh ketenangan. Prinsip pokok dalam dzikir adalah pemusatan pikiran dan perasaan pada Allah dengan cara menyebut nama-Nya berulang-ulang, menyebabkan setiap siswa akan mempunyai pengalaman berhubungan dengan Allah.
18SK1833009.00 | SK TP 18.009 MAL p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain