SKRIPSI BPI
Strategi Manajemen Diri Dalam Konseling Kelompok Berbasis Islam Untuk Mengatasi Prokrastinasi Tugas Sekolah Siswa MTS Tholabuddin Masin Warungasem Batang
Prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang, merupakan suatu penundaan dalam memulai maupun menyelesaikan kinerja secara keseluruhan untuk melakukan aktifitas lain yang tidak berguna, khususnya yang telah direncanakan sebelumnya dengan adanya alasan ataupun tidak dan sudah menjadi kebiasaan setiap menghadapi tugas sehingga tidak dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya hingga terlambat dalam menyelesaikan tugas. Oleh karena itu perlu adanya pelaksanaan strategi manajemen diri dalam Konseling Kelompok Berbasis Islam untuk mengatasi Prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang, untuk upaya membimbing individu agar dapat mengendalikan diri secara optimal dengan memanfaatkan dinamika kelompok, serta terdapat hubungan konseling yang hangat, terbuka, dan penuh keakraban sebagai media atau alat untuk mencapai tujuan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana Prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabudin Masin Warungasem Batang? 2. Bagaimana strategi manajemen diri dalam konseling kelompok untuk mengatasi prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabudin Masin Warungasem Batang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabudin Masin Warungasem Batang, mengetahui strategi manajemen diri dalam konseling kelompok berbasis Islam untuk mengatasi prokrastinasi tugas sekolah siswa MTs Tholabudin Masin Warungasem Batang. Peneletian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi pengembangan ilmu bimbingan dan penyuluhan Islam. Memberikan paradigma kepada siswa bahwa tugas yang diberikan guru untuk melatih mental siswa dan cara untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan siswa dalam menghadapi ujian.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori psikologi Behavioral. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain: Reduksi data, model data (display data) dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi tugas sekolah siswa meliputi: menunda memulai menyelesaikan tugas, kesenjangan waktu antara rencana yang ditetapkan dan kinerja aktual, keterlambatan menyelesaikan tugas, tidak adanya keyakinan terhadap kemampuan diri (takut gagal), dengan melalui strategi manajemen diri dalam konseling kelompok berbasis Islam prokrastinasi
xiii
tugas sekolah siswa sudah mulai berkurang dan teratasi. Melalui manajemen diri dalam konseling kelompok berbasis Islam siswa dilatih pengelolaan diri terkait pengelolaan waktu, siswa dapat mengendalikan diri sendiri terkait waktu mengerjakan tugas sehingga tidak menunda-nunda lagi, hingga prioritas dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Konseling kelompok dilaksanakan melalalui tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan (pembukaan, peralihan inti, penutup), evaluasi dan tindak lanjut. Adanya evaluasi dan tindak lanjut yang nyata, memberikan solusi atas adanya permasalahan siswa prokrastinator melalui strategi manajemen diri.
18SK1835074.00 | SK BPI 18.074 KHI s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain