SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Home Assignment Dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa Di MTs N 1 Pekalongan
Kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan
diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan tanggung
jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang lain sehingga
akan mempermudah dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Di MTs N 1
Pekalongan masih terdapat beberapa siswa yang belum bisa percaya diri, hal ini
disebabkan oleh beberapa faktor seperti siswa mengalami kesulitan beradaptasi,
malu berbiaca didepan umum dan tidak yakin pada diri sendiri. Dimana faktorfaktor
tersebut dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti latar belakang dan status
seseorang. Oleh karena itu perlu adanya pelaksanaan bimbingan konseling Islam
dengan teknik home assignment dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa di
MTs N 1 Pekalongan.
Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana pelaksanaan
bimbingan konseling Islam dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa di
MTs N 1 Pekalongan? dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan teknik home assignment di MTs
N 1 Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pelaksanaan
bimbingan konseling Islam dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa di
MTs N 1 Pekalongan, juga mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan teknik home
assignment di MTs N 1 Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian lapangan (field
research) dengan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah
rational-emotive behavior therapy, dimana penelitian ini hanya fokus
mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman antara lain:
Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah mulai bisa percaya diri.
Hal tersebut dibuktikan bahwa siswa sudah mulai beradapatasi, mampu
mengembangkan kepercayaan diri. Faktor Pendukung dalam pelaksanaan
bimbingan konseling Islam dengan teknik home assignment di MTs N 1
Pekalongan adanya waktu yang tersedia untuk bimbingan konseling Islam, materi,
dan sarana prasana yang telah disediakan oleh pihak sekolah untuk membantu
dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam. Adapaun faktor yang
menghambat dalam pelaksanaan bimbingan konseling Islam dengan teknik home
assignment di MTs N 1 Pekalongan adalah kurang tersedianya waktu dari guru
BK untuk melihat secara langsung apakah siswa benar-benar menjalankan teknik
home assignmnet dengan baik atau tidak.
18SK1835070.00 | SK BPI 18.070 MAB p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain