SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Ma'arif NU Tirto
Kecemasan pada pembelajaran akuntansi merupakan perasaan ketegangan,
cemas atau ketakutan yang mengganggu pada kinerja pembelajaran akuntansi.
Seringkali kecemasan yang dialami siswa mengakibatkan mereka menghindari
situasi dan kondisi dalam penyelesaian masalah akuntansi. Kecemasan pada
pembelajaran akuntansi melibatkan perasaan tegang dan cemas yang
mempengaruhi dengan berbagai cara ketika menyelesaikan soal akuntansi dalam
mata pelajaran akuntansi. Gejala kecemasan pembelajaran akuntansi berupa
berbagai perasaan gelisah, dan merasa kesulitan bernafas ketika mencoba untuk
menyelesaikan tugas-tugas akutansi. Terdapat beberapa penyebab kecemasan
pembelajaran akuntansi, diantaranya adalah terlalu banyak tugas dan
pembelajaran langsung dalam kelas, tapi kurang diskusi.Bimbingan kelompok
berbasis Islam adalah proses pemberian bantuan kepada individu atau sekelompok
individu dengan memanfatkan dinamika kelompok dalam kegiatan kelompok
tersebut individu saling membantu indvidu yang lainnya dengan landasan Al-
Qur’an dan Al-hadist. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1)
Faktor-faktor apa saja penyebab terjadinya kecemasan siswa SMK Ma’arif NU
Tirto pada pembelajaran akuntansi? 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan
kelompok berbasis Islam dalam mengatasi kecemasan siswa pada pembelajaran
akuntansi di SMK Ma’arif NU Tirto? Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya kecemasan
siswa SMK Ma’arif NU Tirto pada pembelajaran akuntansi, Untuk mengetahui
dan menjelaskan pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam
mengatasi kecemasan siswa pada pembelajaran akutansi di SMK Ma’arif NU
Tirto.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpuan data
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis
data dengan menggunakan metode analisis deskriptif yaitu metode yang di
gunakan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (model
interaktif) antara lain: Reduksi data, penyajian data (display data) dan penarikan
kesimpulan (conlusion drawing/verification).
Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya
kecemasan dan pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam dalam mengatasi
kecemasan siswa pada pembelajaran akuntansi antaralain: Sulit memahami mata
pelajaran akuntansi, Tidak menyukai jurusan akuntansi yang sudah terlanjur
mereka pilih, tidak menyukai guru akuntansi, cemas akan pembelajaran praktik
akuntansi. Sehingga bentuk kecemasan yang mereka munculkan pada
pembelajaran akuntansi berlangsung antara lain berkeringat, selalu bertanya, tidak
xiii
tenang apabila waktu pembelajaran berlangsung. pelaksanaan bimbingan
kelompok berbasis Islam dalam mengatasi kecemasan siswa pada pembelajaran
akuntansi. Pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis Islam pada pembelajaran
akuntansi di SMK Ma’arif NU Tirto terdiri dari empat tahapan, yaitu: Tahap
Pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran. Bentuk
kegiatan dilakukan di luar jam belajar mengajar. Metode yang di gunakan
bimbingan kelompok berbasis Islam yaitu metode ceramah, selain itu juga guru
BK mengombinasikan dengan memberikan metode atau teknik dari Barat, yaitu
teknik Rational Emotive Behavior Therapy. Pendekatan Rational Emotive
Behavior Therapy (REBT) memandang manusia sebagai individu yang dominasi
oleh sistem berfikir dan sistem perasaan yang berkaitan dalam psikis individu.
18SK1835068.00 | SK BPI 18.068 DEW p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain