SKRIPSI BPI
Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam Untuk Mengembangkan Self Efficacy Dalam Pemilihan Karir Siswa SMK Islam Bojong
Self efficacy karir adalah suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek
kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu
untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Mengembangkan self
efficacy pada siswa khususnya dalam pemilihan karir merupakan suatu hal yang
penting, karena menyangkut arah masa depan siswa. Oleh karena itu perlu adanya
pelaksanaan bimbingan konseling Islam untuk mengembangkan self efficacy
dalam pemilihan karir siswa SMK Islam Bojong.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1. Bagaimana kondisi self
efficacy karir siswa SMK Islam Bojong? 2. Bagaimana pelaksanaan bimbingan
konseling Islam untuk mengembangkan self efficacy dalam pemilihan karir siswa
SMK Islam Bojong? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi self
efficacy karir siswa SMK Islam Bojong, mengetahui pelaksanaan bimbingan
konseling Islam untuk mengembangkan self efficacy dalam pemilihan karir siswa
SMK Islam Bojong. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih
pemikiran bagi pengembangan ilmu bimbingan dan penyuluhan Islam.
Memberikan pemahaman kepada siswa bahwa self efficacy dalam pemilihan karir
perlu dikembangkan agar siswa tidak merasa cemas dalam menatap masa depan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori
kognitif sosial. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yaitu analisis yang
mendeskripsikan apa yang ada, baik proses yang berlangsung, akibat efek yang
sedang terjadi atau kecenderungan yang sedang berkembang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi self efficacy dalam pemilihan
karir siswa ini cukup baik dan perlu dikembangkan agar menjadi lebih baik lagi,
yaitu melalui bimbingan konseling Islam. Kemudian dalam pelaksanaan
bimbingan konseling Islam terdapat empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan,
evaluasi dan tindak lanjut. Adanya evaluasi dan tindak lanjut yang nyata
memberikan solusi atas adanya beberapa hambatan dalam pelaksanaan bimbingan
konseling Islam.
18SK1835066.00 | SK BPI 18.066 SUR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain