SKRIPSI BPI
Metode Bimbingan Agama Dalam Membina Kedisiplinan Anak Di Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan
Kedisiplinan perlu dibina sejak dini agar dapat melekat pada kepribadian
anak sampai ia tumbuh dewasa. Kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan. Anakanak
di panti asuhan adalah anak-anak yang jauh dari kasih sayang orang tua,
sehingga panti asuhan berperan dalam memberikan pendidikan bagi anak.
Bimbingan dalam menangani kedisiplinan sangat diperlukan untuk mereka, baik
kedisiplinan dalam waktu, beribadah, menaati aturan dan dalam bersikap. Oleh
karena itu, perlu adanya metode dalam pembinaan kedisiplinan anak. Di dalam
panti asuhan menggunakan metode-metode bimbingan agama yang bernilaikan
Islam dengan maksud untuk membentuk pribadi anak agar dapat menumbuhkan
kesadaran dalam dirinya.
Adapun yang menjadi rumusan dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana
kedisiplinan anak di Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam
Pekalongan? 2) Bagaimana metode bimbingan agama dalam membina
kedisiplinan anak di Panti asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam
Pekalongan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui
kedisiplinan anak di Panti Asuhan Arrobitoh Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul
Aitam Pekalongan? 2) Untuk mengetahui metode bimbingan agama dalam
membina kedisiplinan Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam
Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi
dan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data primer diambil dari
responden yakni anak asuh, pembimbing, pengasuh dan pengurus anak asuh di
Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan, data sekunder
diambil dari hasil studi pustaka berupa buku, penelitian, dan tulisan yang
berhubungan dengan judul penelitian. Teknik analisi data yang digunakan dalam
penelitian ini tahapannya adalah reduksi data, analisis data dan interprestasi data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kedisiplinan anak-anak yang ada di
Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan sudah cukup
baik, meskipun masih ada dari mereka yang kurang dapat disiplin. Dalam
pembinaannya digunakan metode langsung yakni dengan teguran, ceramah dan
tanya jawab. Sedangkan metode tidak langsung pembimbing menggunakan
jadwal kegiatan dan keteladanan. Pelaksanaan metode bimbingan agama yang
diterapkan di Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul Aitam Pekalongan
viii
dapat dikatakan sudah cukup baik dalam membina kedisiplinannya, hal ini dilihat
dengan perilaku disiplin anak asuh yang selalu mematuhi tata tertib dan mengikuti
kegiatan yang diselenggarakan di Panti Asuhan Arrobitoh Al-Alawiyah Daarul
Aitam Pekalongan.
18SK1835059.00 | SK BPI 18.059 MUR m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi dan Tesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain