SKRIPSI EKOS
Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Konsumen Matahari Departemen Store Pekalongan
xi
ABSTRAK
Alfiani, Luk Luk. 2018. Pengaruh Marketing Mix 4-P Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Matahari Departement Store Pekalongan. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
Dosen Pembimbing: Hj. Karima Tamara, ST., MM
Keberhasilan sebuah perusahaan ritel tidak terlepas dari kemampuan peritel dalam bidang pemasaran, terutama kebijaksanaan dan penetapan strategi agar konsumen memutuskan melakukan pembelian. Keputusan pembelian merupakan salah satu perilaku konsumen yang diambil setelah melalui beberapa proses yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, dan evaluasi alternatif. Keputusan konsumen tidak berhenti sampai keputusan dalam pembelian saja, namun akan berlanjut pada perilaku pasca pembelian. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian yaitu marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk fashion pada Konsumen Muslim Matahari Departement Store Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research dengan pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen muslim yang berbelanja di Matahari Departement Store Pekalongan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus populasi tidak terhingga. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner dan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 20 for windows.
Berdasarkan uji hipotesis penelitian secara simultan variabel produk, harga, promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai F hitung 30,332 > F tabel 2,47. Hasil uji t-tes diperoleh dari hasil variabel produk, promosi, lokasi berpengaruh dengan signifikan < 0,05, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena signifikan > 0,05. Nilai adjusted R2= 0,542 atau menunjukkan variabel produk, harga, promosi, dan lokasi dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 54,20%.
Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Lokasi, dan Keputusan Pembelian.
18SK1841171.00 | SK EKOS 18.171 ALF p | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain